Masalah Sosial Masyarakat Nelayan


Nama : Anis Sulfi Nugraheni
No absen : 02
Kelas : XI IPS 3

 SOSIOLOGI => Masalah Sosial Masyarakat Nelayan

PENDAHULUAN

Assalamualaikum wr.wb
     Tulisan ini merupakan hasil studi dokumen tentang masalah sosial masyarakat nelayan. Hal yang dikaji yaitu tentang 5 hal diantaranya : masalah sosial,sebab, proses,dampak,dan solusi masalah sosial masyarakat nelayan. Teknik menyusun tulisan ini yaitu dengan menggunakan 5 data artikel dokumen tentang masalah sosial masyarakat nelayan yang kemudian diidentifikasi dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah tulisan baru. Adapun 5 artikel yang dipaparkan tentang masalah sosial masyarakat nelayan adalah sebagai berikut.

     Selanjutnya paparan lengkapnya tentang masalah sosial masyarakat nelayan.

ISI

     Berdasarkan data dokumen tentang jenis masalah sosial masyarakat nelayan.Masalah pertamaNelayan menggunakan pukat berawal saat mencari ikan mengancam pemasaran dan perlindungan ikan.Masalah kedua, sosial ekonomi masyarakat pesisir.Masalah ketigamasyarakat pesisir mengalami masalah kerusakan sumber daya pesisir karena rendahnya kemandirian organisasi sosial desa.Masalah keempat, pemasaran nelayan tradisional yang  melemah.Masalah kelima, masalah yang sering dihadapi oleh para nelayan adalah harga ikan yang tidak stabil dan sering naik turun.

      Berdasarkan data dokumen yang identik identifikasi dan diolah ditemukan sebab atau penyebab masalah sosial masyarakat nelayan. Sebab pertama pemasaran nelayan tradisional dinilai masih lemah mereka belum memiliki alat pendingin yang baik sehingga bisa merusak ikan hasil tangkapan. Sebab kedua tingkat kesejahteraan para nelayan masih di bawah sektor lain termasuk sektor agraris khususnya nelayan buruh atau tradisional yang digolongkan sebagai lapisan sosial yang paling miskin. Sebab yang ketiga sumber daya yang dimiliki mengalami kerusakan.sebab yang keempat berkurangnya kapasitas ikan yang sering didapat. Sebab yang kelima harga ikan yang sedang naik turun.

      Berdasarkan data dokumen yang telah diidentifikasi dan diolah ditemukan proses terjadinya masalah sosial masyarakat nelayan.Proses pertama nelayan tradisional menghadapi berbagai kendala seperti berhadapan dengan nelayan yang menggunakan pukat trawl pemasaran ikan perlindungan dan lain walaupun sudah dilarang tetapi masih beroperasi penolakan sering dilakukan tetapi tidak ada perubahan. Proses kedua kondisi sosial ekonomi masyarakat relatifberada dalam tingkat kesejahteraan rendah maka dalam jangka panjang tekanan sumber daya pesisir semakin bebas guna memenuhi kebutuhan. Proses ketiga karena adanya sumber daya yang rusak masyarakat pesisir mengalami kendala saat mencari ikan. Proses keempat hal ini dilatarbelakangi oleh nelayan yang mendapatkan hasil tangkapan yang sedikit. Proses kelima hal ini dilatarbelakangi oleh perubahan cuaca yang sering terjadi mengakibatkan ikan yang didapat akan sedikit dan harganya menjadi tidak stabil.
       Berdasarkan data dokumen yang telah diidentifikasi dan diolah ditemukan dampak pada masalah sosial masyarakat nelayan. Dampak pertama akan berbahaya untuk jangka panjang terutama di masa depan untuk biota laut. Dampak kedua perairan mengalami overfishing (tangkap lebih) sehingga hasil tangkap yang diperoleh bersifat fluktuatif tidak pasti dan semakin menurun dari waktu ke waktu. Dampak ketiga karena rendahnya masalah sosial di masyarakat pesisir banyak mengalami kendala saat mencari ikan di tengah laut karena kapasitas yang dimiliki hanya sebagian kecil yang digunakan. Dampak keempat karena adanya banyak kendala yang terjadi di tengah laut para nelayan hanya mendapatkan hasil tangkapan yang sedikit. Dampak kelima cuaca buruk yang mempengaruhi para nelayan untuk mencari ikan tetap dilakukan tetapi dengan hati-hati karena cuaca yang buruk bisa mengakibatkan para nelayan kena masalah.

     Berdasarkan data dokumen yang telah diidentifikasi dan diolah ditemukan solusi pada masalah sosial masyarakat nelayan. Solusi pertama pemerintah sudah bikin berbagai kebijakan seperti larangan operasi pukat trawl bantuan bikin unit pengelolaan ikan sampai berikan asuransi nelayan. Solusi kedua meningkatkan penyuluhan peralatan dan modal. solusi ketiga harusnya masyarakat pesisir menggunakan sumber daya yang dimiliki digunakan sedikit-sedikit agar tidak cepat habis. Solusi keempat saat ada masalah di tengah laut nelayan harusnya kembali ke daratan agar tidak terjadi hal yang membahayakan. Solusi kelima saat cuaca buruk seharusnya para nelayan tidak mencari ikan terlebih dahulu karena sangat mempengaruhi harga ikan yang didapat.

PENUTUP

      Dengan demikian saya mengetahui beberapa masalah sosial masyarakat nelayan, antara lain : 
a. Masalah nelayan menggunakan pukat trawl saat mencari ikan mengancam pemasaran dan perlindungan ikan.
b. Masalah sosial ekonomi masyarakat pesisir
c. Masalah masyarakat pesisir mengalami masalah kerusakan berdasarkan posisi karena rendahnya kemandirian organisasi sosial desa
d. Masalah pemasaran nelayan tradisional semakin melemah
e. Masalah yang sering dihadapi oleh para nelayan adalah harga ikan yang tidak stabil dan sering naik turun.

       Dari artikel tersebut penulis menyarankan kepada nelayan untuk memperhatikan lagi kondisi atau keadaan bagaimana cara meningkatkan hasil pemasaran dan mempertahankan kondisi lingkungan sekitar masyarakat misalnya tidak lagi membuang sampah sembarangan.
      Sekian artikel mengenai masalah sosial masyarakat nelayan semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua tentang masalah sosial masyarakat nelayan.

Artikel 1, Masalah nelayan menggunakan pukat trawl saat mencari ikan mengancam pemasaran dan perlindungan ikan.
Sumber dari : https://www.mongabay.co.id/2019/06/21/kala-nelayan-tradisional-masih-hadapi-beragam-kendala/
Di akses pada : Senin, 28 Oktober 2019, pukul 09.30 WIB

Artikel 2, Masalah tentang sosial ekonomi masyarakat pesisir.
Sumber dari : https://www.kompasiana.com/nawawimnoer/5ab89b56dd0fa868be7e2612/sosial-ekonomi-masyarakat-pesisir?page=all
Dakses pada : Senin, 28 Oktober 2019, pukul 11.45 WIB

Artikel 3, Masalahmasyarakat pesisir mengalami masalah kerusakan sumber daya posisi karena rendahnya kemandirian organisasi sosial desa
Sumber dari : https://bisnis.tempo.co/read/447914/masyarakat-pesisir-hadapi-empat-masalah
Diakses pada : Selasa, 5 November 2019, pukul : 17.30 WIB

Artikel 4, Masalah pemasaran layanan nasional semakin melemah Sumber dari : http://perikanan-hangtuah.blogspot.com/2011/02/masalah-sosial-masyarakat-pesisir.html?m=1
Di akses pada :  Kamis, 7 November 2019, pukul : 20.12 WIB

Artikel 5,Masalah yang sering dihadapi oleh para nelayan adalah keinginan yang tidak stabil dan sering naik turun
Sumber dari : http://blog.unnes.ac.id/najib23/kehidupan-nelayan-di-rembang/
Di akses pada : Selasa, 12 November 2019, pukul : 09.45 WIB

Wassalamu'alaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERTANYAAN KELOMPOK USAHA AYAM GEPUK